Kebakaran Landa Kontrakan Cawang Kompor

W3vina.COM Free Wordpress Themes Joomla Templates Best Wordpress Themes Premium Wordpress Themes Top Best Wordpress Themes 2012

Kebakaran melanda lima unit rumah kontrakan petak dan satu rumah di RT 2 RW 4, Gang Buntu, Cawang Kompor, Jalan Dewi Sartika, Cawang, Kramatjati, Jakarta Timur, Kamis, 24 Oktober 2013.

Menurut beberapa saksi mata, api mulai terlihat sekitar pukul 18.15 WIB dan terlihat terus membesar. Sebagian warga berupaya menyelamatkan barang-barang mereka. Berdasar pantauan, terdapat beberapa barang yang cukup membahayakan, seperti tabung gas las dan motor-motor. Api berasal dari salah satu rumah kontrakan petak.

Ida Farida, salah seorang korban, mengatakan dirinya sedang salat saat api mulai merambat ke rumahnya. “Rumah saya tepat di sebelah kanan kontrakan, emang rapet-rapet jadicepet nyebar,” ujar Ida, yang juga merupakan istri Ketua RT 2.

Ida bersyukur dirinya sempat menyelamatkan tabung gas. “Kalau tabungnya masih di dalam, saya enggak tahu, deh, jadi apa,” ujarnya sambil berurai air mata. Ida sendiri mengaku tidak tahu siapa saja penghuni kontrakan tersebut.

Sembilan unit mobil pemadam kebakaran dan lima mobil bantuan dari Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Timur datang beberapa menit setelah kebakaran terjadi dan langsung memadamkan api. Pukul 18.30, api berhasil dipadamkan.

Komandan regu pemadam kebakaran, Ali Patar, mengatakan dugaan sementara penyebab kebakaran ini adalah terjadinya korsleting listrik di salah satu kontrakan petak tersebut. “Mungkin dari lampu yang menyala, padahal kontrakan itu sedang kosong,” ujar dia.

Kerugian akibat kebakaran tersebut diprediksi hingga ratusan juta. Tiga unit sepeda motor yang diparkir tidak jauh dari kontrakan ikut menjadi korban si jago merah. Akibat peristiwa ini, lalu lintas dari arah PGC menuju Kampung Melayu terpantau macet cenderung tak bergerak.