Jenis-Jenis Alat Pemadam Api

Alat Pemadam Api Ringan disebut juga dengan alat untuk pertolongan pertama untuk mencegah terjadinya kebakaran secara meluas, Alat Pemadam Api ringan Atau yang biasa disebut dengan APAR merupakan Alat Pemadam Api yang berbentuk portable.

APAR atau Alat Pemadam Api Ringan dikategorikan sebagai jenis alat pemadam api yang mudah di gunakan dan dapat diletakan di dinding suatu ruangan, sehingga keberadaannya dapat mudah di temukan baik di Rumah Sakit, Pusat Perbelanjaan, Perkantoran, dll.

 

Macam-Macam Jenis Alat Pemadam Api Ringan/APAR

Alat Pemadam Api Ringan/APAR memiliki berebagai macam jenis diantaranya adalah Dry Chemical Powder, Carbon Dioxide (CO2), Liquid Foam (Busa) dan Liquid Gas (Clean Agent).

1. APAR Dry Chemical Powder

APAR Dry Chemical Powder memiliki Klasifikasi pemadamam ABC (benda padat, benda cair dan kelistrikan). Pada jenis Dry Chemical Powder mengandung bahan kombinasi dari Fosfat Amonium dan Amonium Sulphate yang berfungsi mengganggu reaksi kimia pada area kebakaran.

2. APAR Carbon Dioxide (CO2)

APAR Carbon Dioxide atau yang biasa di kenal APAR CO2 memiliki Klasifikasi Pemadaman kelas BC (benda cair dan kelistrikan). Pada jenis ini mengandung bahan kimia yang terbentuk dari 1 atom karbon + 2 atom oksigen yang dapat dihasilkan baik dari kegiatan alamiah maupun kegiatan manusia.

3. APAR Foam AFFF (Busa)

APAR Foam AFFF memiliki Klasifikasi pemadaman AB (benda padat dan benda cair), bahan dasar utama dari APAR foam ini adalah buih, busa, atau gelembung yang diisi oleh udara. Buih ini memiliki density atau ketebalan lebih tipis daripada air, oli, minyak, atau kebanyakan benda cair lainnya.

Busa di dalam foam fire extinguisher terdiri dari 3 bahan utama yaitu: Air, Bahan pembuat busa atau foam concentrate, Udara.

Ketiga bahan dasar tersebut dibuat dan dicampurkan dan membentuk cairan kimia, yaitu AFFF atau Aqueous film forming foams yang merupakan cairan yang mengandung hydrocarbon seperti : PFOA (perfluorooctanoic acid), PFOS (perfluorooctanesulfonic acid), Sodium alkyl sulfate, Fluorotelomers.

Dengan takaran yang pas, ketiga bahan ini bisa membuat selimut busa yang bisa melebar hingga 5 kali lipat dari ukuran aslinya. Artinya 1 tabung gas APAR jenis buih bisa mengembang hingga volume-nya setara dengan 5 tabung gas APAR yang diisi foam hingga penuh.

4. APAR Liquid Gas (Clean Agent)

APAR Liquid Gas (Clean Agent) memiliki Klasifikasi Pemadaman ABC (benda padat, benda cair dan kelistrikan). APAR jenis Clean Agent ini mengandung hydrochlorofluorocarbon (HCFC). Merupakan senyawa dari 1,1-dichloro-1-fluoroethane

 

Cara Menggunakan Alat Pemadam Api Ringan

Alat Pemadam Api Ringan dapat digunakan dengan mudah cukup dengan menarik tuas pada Alat Pemadam Api Ringan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*