Refill APAR terlengkap Sejabodetabek, Terima Layanan Refill On site Services!

REFILL APAR

 

Tabung pemadam kebakaran adalah salah satu alat pemadam api yang paling umum digunakan untuk memadamkan kebakaran. Tabung pemadam kebakaran berisi media pemadam kebakaran berupa gas atau serbuk. Setelah digunakan, tabung harus di-refill agar dapat digunakan kembali untuk situasi darurat selanjutnya.

Pengisian ulang APAR atau penggantian dan pengisian ulang alat pemadam api ringan harus dilakukan secara rutin. Karena alat ini sangat dibutuhkan jika terjadi kebakaran pada rumah, gedung, restoran, kantor atau gedung apapun.

Cara isi ulang APAR juga mungkin masih banyak yang belum diketahui oleh masyakarat luas. Padahal cara isi ulang alat pemadam api ringan sangatlah penting. Mau tahu bagaimana cara penggunaannya? Simak artikel yang satu ini.

Cara Isi Ulang APAR

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan refill pada APAR (Alat Pemadam Api Ringan):

  1. Pastikan APAR Anda sudah kosong atau hampir habis media pemadam kebakarannya. Biasanya, APAR yang sudah digunakan akan menunjukkan level pemadam kebakaran yang rendah atau kosong pada indikator yang ada di tabung APAR.
  2. Pastikan juga bahwa APAR dalam kondisi bersih dan tidak rusak. Periksa selang, nozzle, katup, dan bagian-bagian lainnya untuk memastikan tidak ada kerusakan yang dapat mengurangi kemampuan APAR dalam memadamkan kebakaran.
  3. Cari stasiun pengisian yang resmi dan terpercaya untuk melakukan refill pada APAR. Pastikan bahwa stasiun pengisian tersebut memiliki izin resmi dan pengalaman dalam pengisian ulang APAR. Hal ini penting karena pengisian ulang yang tidak benar dapat menyebabkan kerusakan pada APAR dan mengurangi kemampuan APAR dalam memadamkan kebakaran.
  4. Serahkan APAR Anda pada petugas stasiun pengisian. Petugas akan melakukan pengisian ulang menggunakan mesin khusus yang memungkinkan media pemadam kebakaran dapat diisi ulang sesuai dengan spesifikasinya. Pastikan bahwa proses pengisian ulang dilakukan dengan benar dan mematuhi prosedur yang ada.
  5. Setelah pengisian ulang selesai, petugas akan melakukan tes tekanan pada APAR untuk memastikan bahwa APAR dalam kondisi yang baik dan aman untuk digunakan. Jika APAR telah lulus tes, petugas akan memberikan APAR tersebut kepada Anda untuk digunakan kembali.
  6. Periksa kondisi seluruh bagian APAR dan pastikan bahwa APAR siap digunakan dalam situasi darurat. Selain itu, pastikan bahwa Anda memahami cara penggunaan APAR dan mempraktikkannya secara teratur agar dapat menggunakan APAR dengan benar saat diperlukan.

Jenis-Jenis Refill APAR

Refill pada APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dapat dilakukan dengan mengganti media pemadam kebakaran yang terkandung di dalamnya. Berikut adalah beberapa jenis refill APAR yang umum digunakan:

  1. Powder (BC): Powder BC adalah media pemadam api yang digunakan pada APAR jenis Dry Chemical Powder (ABC, BC). Refill ini dapat dilakukan dengan mengganti Powder BC yang telah habis atau berkurang di dalam tabung APAR.
  2. Foam: Refill APAR jenis foam dilakukan dengan mengganti bahan kimia yang terkandung di dalamnya. Bahan kimia ini akan dihasilkan menjadi busa ketika APAR digunakan untuk memadamkan api. Refill APAR foam umumnya digunakan untuk memadamkan kebakaran di dalam ruangan.
  3. Carbon Dioxide (CO2): Refill APAR CO2 dilakukan dengan mengganti tabung CO2 yang telah habis atau berkurang di dalam tabung APAR. Refill jenis ini umumnya digunakan untuk memadamkan kebakaran di dalam ruangan atau pada peralatan listrik dan komputer.
  4. Wet Chemical: Refill APAR Wet Chemical dilakukan dengan mengganti cairan khusus yang terkandung di dalam APAR. Refill ini umumnya digunakan untuk memadamkan kebakaran pada minyak goreng atau bahan makanan yang terbakar.

Baca juga : Tabung Pemadam Kebakaran Fireindo 3 Kg, Pilihan Terbaik untuk Pemadaman Kebakaran Kecil

Dimana tempat pengisian APAR?

Dalam melakukan refill pada APAR, pastikan Anda selalu memperhatikan petunjuk penggunaan dan keamanan dalam menggunakan APAR. Lakukan refill di tempat yang resmi dan terpercaya agar APAR dapat berfungsi dengan maksimal dan aman ketika digunakan dalam situasi darurat. Jika saat ini anda sedang membutuhkan layanan isi ulang untuk APAR anda, anda bisa menghubungi kami di PT GMP.

Nikmati beragam keuntungan layanan isi ulang APAR di PT GMP. Kami menerima layanan pengambilan dan pengiriman APAR Gratis Antar-Jemput. Anda juga bisa melakukan refill langsung ke toko kami dan bisa ditunggu 30 menit+- langsung jadi!

Jadi, Tunggu apalagi? Langsung hubungi customer service kami yang tertera pada website. Kami dengan senang hati melayani kebutuhan anda.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *