Proteksi kebakaran adalah aspek kritis dalam perencanaan keamanan bangunan komersial dan industri. Salah satu sistem proteksi kebakaran yang paling efektif dan banyak digunakan adalah sistem FM200 Fire Suppression. Sistem ini dikenal karena keefektifannya dalam memadamkan api tanpa merusak peralatan elektronik dan tanpa meninggalkan residu. Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang spesialis jasa instalasi FM200 Fire Suppression, termasuk manfaat sistem ini, bagaimana cara kerjanya, dan panduan dalam memilih spesialis jasa instalasi yang tepat.

Apa Itu FM200 Fire Suppression?

FM200 adalah merek dagang dari HFC-227ea, bahan pemadam kebakaran berbasis gas yang umum digunakan dalam sistem proteksi kebakaran. Sistem ini bekerja dengan cara melepaskan gas FM200 ke dalam area yang dilindungi, yang kemudian menyerap panas dari api dan menghentikan reaksi pembakaran. Karena FM200 adalah bahan yang tidak konduktif dan tidak meninggalkan residu, sistem ini sangat ideal untuk digunakan di ruang server, pusat data, dan fasilitas lain yang mengandung peralatan elektronik sensitif.

Manfaat Sistem FM200 Fire Suppression

Aman untuk Elektronik

FM200 tidak meninggalkan residu setelah digunakan, sehingga tidak merusak peralatan elektronik dan data yang disimpan. Ini membuatnya sangat cocok untuk lingkungan seperti pusat data dan ruang server.

Respons Cepat

Sistem FM200 dirancang untuk merespon dalam waktu kurang dari 10 detik setelah mendeteksi kebakaran. Ini membantu meminimalkan kerusakan dan waktu henti operasional.

Ramah Lingkungan

Meskipun FM200 adalah bahan kimia sintetis, penggunaannya tidak merusak lapisan ozon, sehingga lebih ramah lingkungan dibandingkan beberapa agen pemadam kebakaran lainnya.

Aman untuk Manusia

FM200 dirancang untuk digunakan di ruangan yang dihuni manusia karena tidak menimbulkan ancaman kesehatan pada konsentrasi yang digunakan untuk pemadaman kebakaran.

Sistem Kerja FM200 Fire Suppression

Sistem FM200 bekerja melalui beberapa tahapan, mulai dari deteksi hingga pemadaman kebakaran:

  1. Deteksi Kebakaran: Sistem deteksi kebakaran yang terintegrasi, seperti detektor asap atau panas, mengidentifikasi tanda-tanda kebakaran.
  2. Alarm: Setelah kebakaran terdeteksi, sistem mengaktifkan alarm untuk memperingatkan penghuni ruangan.
  3. Pelepasan Gas: Sistem pelepasan gas FM200 diaktifkan, melepaskan gas ke dalam area yang dilindungi dalam waktu kurang dari 10 detik.
  4. Pemadaman Api: Gas FM200 menyerap panas dari api dan menghentikan reaksi pembakaran, memadamkan api dengan cepat dan efektif.
  5. Ventilasi: Setelah kebakaran dipadamkan, sistem ventilasi digunakan untuk menghilangkan gas dari ruangan sehingga aman untuk dimasuki kembali.

Komponen Fire Alarm

Tabung Gas FM200

Silinder gas FM200 adalah komponen kunci yang menyimpan agen pemadam kebakaran dalam bentuk cairan, yang kemudian dilepaskan sebagai gas ketika terjadi kebakaran.

Detektor Kebakaran

Detektor kebakaran berfungsi untuk mendeteksi adanya asap atau api dan mengirimkan sinyal ke panel kontrol untuk mengaktifkan sistem pemadam.

Panel Kontrol

Panel kontrol adalah otak dari sistem FM200. Panel ini menerima sinyal dari detektor kebakaran dan mengatur pelepasan gas FM200 ke area yang terbakar.

Spesialis Jasa Instalasi FM200 Fire Suppression

Menginstalasi sistem FM200 Fire Suppression memerlukan keahlian dan pengalaman khusus. Berikut adalah beberapa kriteria penting yang harus dipertimbangkan saat memilih spesialis jasa instalasi:

1. Sertifikasi dan Lisensi

Pastikan perusahaan yang Anda pilih memiliki sertifikasi dan lisensi yang diperlukan untuk menginstalasi sistem FM200. Ini termasuk sertifikasi dari badan standar nasional atau internasional yang relevan, seperti NFPA (National Fire Protection Association).

2. Pengalaman dan Reputasi

Carilah perusahaan yang memiliki pengalaman luas dalam menginstalasi sistem FM200. Reputasi yang baik, testimoni positif dari klien sebelumnya, dan portofolio proyek yang sukses adalah indikator penting dari kualitas layanan mereka.

3. Layanan Purna Jual

Sistem proteksi kebakaran memerlukan pemeliharaan dan inspeksi rutin. Pilih perusahaan yang menawarkan layanan purna jual, seperti pemeliharaan berkala, inspeksi, dan dukungan teknis.

4. Pengetahuan Teknis

Teknisi dan insinyur yang bekerja pada instalasi harus memiliki pengetahuan teknis yang mendalam tentang sistem FM200, termasuk cara kerja, konfigurasi, dan troubleshooting.

5. Solusi Kustom

Setiap bangunan memiliki kebutuhan proteksi kebakaran yang unik. Pilih spesialis yang mampu menawarkan solusi kustom yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik bangunan Anda.

Proses Instalasi FM200 Fire Suppression

Proses instalasi sistem FM200 Fire Suppression melibatkan beberapa tahapan kritis:

  1. Evaluasi Risiko Kebakaran: Tahap awal melibatkan evaluasi risiko kebakaran di bangunan Anda untuk menentukan kebutuhan proteksi kebakaran yang tepat.
  2. Desain Sistem: Berdasarkan evaluasi risiko, spesialis jasa instalasi akan merancang sistem FM200 yang sesuai, termasuk penempatan detektor, pipa, dan nozel pelepasan gas.
  3. Instalasi Perangkat Keras: Perangkat keras sistem, seperti tangki gas, pipa, dan detektor, diinstalasi sesuai dengan desain yang telah disetujui.
  4. Pengujian Sistem: Setelah instalasi selesai, sistem diuji untuk memastikan bahwa semua komponen berfungsi dengan baik dan sesuai dengan standar keselamatan yang berlaku.
  5. Pelatihan Pengguna: Spesialis jasa instalasi akan memberikan pelatihan kepada staf bangunan tentang cara mengoperasikan dan merawat sistem FM200.
  6. Pemeliharaan Berkala: Sistem FM200 memerlukan pemeliharaan berkala untuk memastikan bahwa tetap dalam kondisi optimal. Ini termasuk inspeksi rutin, pengujian, dan penggantian komponen jika diperlukan.

Ingin Refill FM200? Hubungi Kami

Jika Anda membutuhkan jasa Instalasi FM200 fire Suppression System, jangan ragu untuk menghubungi PT Global Mitra Proteksindo. Kami siap memberikan layanan terbaik untuk memastikan sistem pemadam kebakaran Anda selalu dalam kondisi optimal.

PT Global Mitra Proteksindo
Alamat: Komp. Perkantoran Mutiara Taman Palem Blok. A15, No. 27-28 Cengkareng, Jakarta Barat 11730

Telepon:0819-0554-2211
Email: sales@gmpro.id
Website: alatpemadamapi.co.id

Tim kami siap membantu Anda memilih Alat Pemadam Kebakaran yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda atau lembaga Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami untuk konsultasi lebih lanjut!

 

Scroll to Top