Standar Operasional Prosedur Pengisian Ulang APAR | Alatpemadamapi.co.id

Alat Pemadam Api Ringan (APAR) merupakan salah satu perangkat yang sangat penting dalam menjaga keselamatan di lingkungan kerja, rumah, dan tempat umum lainnya. APAR dirancang untuk memberikan respons cepat terhadap kebakaran awal sebelum api dapat berkembang menjadi kebakaran yang lebih besar dan sulit dikendalikan. Agar APAR dapat berfungsi dengan optimal, pengisian ulang APAR harus dilakukan dengan mematuhi standar operasional yang telah ditetapkan.

Pentingnya Pengisian Ulang Apar sesuai dengan Standar Operasional Prosedur

Alat Pemadam Api Ringan (APAR) merupakan salah satu aspek kritis dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran di berbagai lingkungan, mulai dari rumah tangga hingga tempat kerja dan tempat umum. Pengisian ulang APAR, yang juga dikenal sebagai pengisian ulang atau refill APAR, memiliki peranan penting dalam memastikan bahwa APAR tetap berfungsi secara optimal saat dibutuhkan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa pengisian ulang APAR sangat penting:

  • Kelangsungan Keselamatan: Pengisian ulang APAR secara teratur adalah jaminan keselamatan bagi semua orang yang berada di area yang dilindungi oleh APAR tersebut. Kebakaran dapat terjadi tanpa peringatan, dan kemampuan APAR untuk segera merespons situasi ini dapat membuat perbedaan antara kerusakan minor dan bencana besar.
  • Ketersediaan Bahan Pemadam: APAR yang tidak diisi ulang atau terisi hanya sebagian akan memiliki jumlah bahan pemadam yang terbatas. Ini dapat mengurangi efektivitas APAR dalam memadamkan kebakaran atau menghentikan penyebarannya. Dengan pengisian ulang yang tepat, APAR akan memiliki kapasitas penuh bahan pemadam yang siap digunakan dalam situasi darurat.
  • Respons Cepat: Kebakaran memerlukan respons yang cepat dan tepat. APAR yang sudah diisi ulang akan siap digunakan kapan saja dibutuhkan. Dengan pengisian ulang yang teratur, APAR akan memiliki kemampuan respons yang optimal, mengurangi waktu tanggap untuk memadamkan api dan menghindari risiko penyebaran lebih lanjut.
  • Pencegahan Kerusakan Lebih Parah: Kebakaran yang dibiarkan berkembang bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah pada properti dan infrastruktur. APAR yang memiliki bahan pemadam yang cukup dapat membantu menghentikan kebakaran dalam tahap awal sebelum menjadi lebih sulit untuk dikendalikan.
  • Kepatuhan terhadap Regulasi: Banyak peraturan dan regulasi keselamatan yang mengharuskan perusahaan atau tempat umum untuk memiliki APAR yang siap pakai dan diisi ulang secara teratur. Tidak mematuhi regulasi ini dapat mengakibatkan denda atau tindakan hukum lainnya.

Permasalahan yang sering terjadi ketika Isi Ulang Tabung Apar

1. Kebocoran pada Katup atau Selang: Kebocoran pada katup atau selang saat pengisian ulang dapat menyebabkan bahan pemadam bocor atau mengurangi tekanan dalam tabung.

2. Overfilling (Isi Berlebihan): Mengisi tabung APAR dengan jumlah bahan pemadam yang melebihi kapasitas dapat mengakibatkan tekanan berlebih dalam tabung, yang bisa menjadi bahaya.

4. Tekanan Tidak Sesuai: Tekanan dalam tabung APAR harus sesuai dengan rekomendasi produsen. Tekanan yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat mempengaruhi kinerja APAR.

5. Penggunaan Bahan Pemadam yang Salah: Menggunakan jenis bahan pemadam yang salah atau tidak sesuai dengan spesifikasi dapat mengurangi efektivitas APAR.

6. Isi Tabung Apar yang Kotor : Tabung APAR yang kotor bisa mengganggu aliran media pemadam dan menyebabkan penyumbatan pada katup atau selang. Anda harus pastikan tabung APAR dalam kondisi bersih sebelum melakukan pengisian ulang. Membersihkan tabung secara teratur akan memastikan ketersediaan media pemadam yang optimal.

6. Tidak Mematuhi Standar Operasional Prosedur : Tidak mengikuti prosedur pengisian ulang yang benar dapat mengakibatkan masalah dalam kinerja APAR.

Standar Operasional Prosedur Isi Ulang Tabung

Setelah Apar telah lolos uji ketahanan dan sudah dibersihkan, langkah selanjutnya yaitu tahap refill apar sesudai dengan label. Perlu anda ketahui, setiap tabung apar memiliki isi yang berbeda-beda. Muali dari Foam, Dry powder, Co2, Clean Agent, dan masih banyak lainnya.Berikut langkah-langkah mengisi Ulang tabung apar sesuai standar operasional prosedur yaitu:

  • Setelah customer melakukan order refill tabung apar, Tim delivery segera mengirim tabung pemadam yang diambil dari customer ke workshop disertai dengan surat jalan dari kantor pemasaran di Cengkarang, Jakarta Barat.
  • Selanjutnya Tim produksi melakukan pengecekan tabung dan membongkar sparepare serta melakukan penomoran.
  • Tim Produksi melakukan pengecekan isi dalam tabung Apar dan memastikan diisi dengan sesuai kapasitas tabung¬† dan juga jenis bahan tabung pemadam
  • Memasang kembali valve dan pipa dalam tabung berdasarkan nomor yang cocok sejak pembongkaran awal.
  • Isi tekanan N2 sesuai meter tekanan (biasanya 15 – 18 Bar).
  • Setelah meninggalkan tabung beberapa saat, diperiksa kebocorannya dengan merendamnya di bak air. Jika tidak ada kebocoran, apar siap untuk dicuci dan dibersihkan, serta untuk memperbaiki bagian yang kotor dan berkarat.
  • Lakukan pemeriksaan terakhir dan pasang pass QC.
  • Barang siap dikembalikan ke customer, dan pengelola sistem GMP Cengkareng menyiapkan waybill dan invoice.

Harga Refill Tabung Apar

Mengisi ulang APAR secara rutin adalah langkah yang penting dalam memastikan kesiapan alat untuk menghadapi kebakaran. Ini melibatkan menjaga kapasitas bahan pemadam, tekanan yang sesuai, dan kesiapan alat dalam situasi darurat. Dengan mengisi ulang APAR secara rutin, Anda meminimalkan risiko kerusakan, meningkatkan efektivitas, dan memastikan keselamatan di lingkungan Anda.

PT Global Mitra Proteksindo menyediakan Refill APAR / Isi Ulang APAR segala Merk seperti Starvvo, Fire Indo, Viking, Servvo, Chubb, Yamato, Gunnebo, Protect Dari ukuran 1 kg sampai ukuran 100 kg Tabung de ngan Harga yang cukup terjangkau. Hubungi Customer service kami jika anda ingin berkonsultasi terkait Refill Apar, Tim kami siap melayani anda dengan sepenuh hati.

5 thoughts on “Standar Operasional Prosedur Pengisian Ulang APAR | Alatpemadamapi.co.id”

  1. Good day! Do you know if they make any plugins
    to assist with Search Engine Optimization?
    I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good success.
    If you know of any please share. Cheers!

    Also visit my web-site; vpn special code

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *