Tabung Pemadam Dengan Kualitas Bagus

W3vina.COM Free Wordpress Themes Joomla Templates Best Wordpress Themes Premium Wordpress Themes Top Best Wordpress Themes 2012

Tabung Pemadam disebut juga dengan Alat Pemadam Kebakaran, Alat Pemadam Api Ringan (APAR), Alat Pemadam Api Kecil, Fire Extinguisher, Racun Api, dll. Memang dasar pada penamaan Alat Pemadam Api tersebut cukup lumayan banyak tapi dari segi fungsi dan penggunaan tetaplah sama yaitu untuk pencegahan terjadinya kebakaran secara meluas dan dapat memadamkan api berskala kecil sampai dengan menengah.

Tabung Pemadam memiliki berbagai macam jenis diantaranya Dry Chemical Powder, Carbon Dioxide (CO2), Liquid Foam AFFF dan Liquid Gas (Clean Agent). Semua jenis tersebut memiliki kegunaan yang sama namun yang membedakan adalah jenis pada kandungan bahan tersebut sehingga mempengaruhi pada klasifikasi pemadaman api. Tabung Pemadam umumnya diperuntukan untuk perumahan, perkantoran, pabrik, pusat perbelanjaan, restaurant, rumah sakit, dan pusat keramaian lainnya. Karena dengan adanya Tabung Pemadam di tempat-tempat keramaian dapat membantu tercegahnya kebakaran.

Berikut penjelasan jenis isi pada tabung pemadam kebakaran

Tabung Pemadam Dry Chemical Powder (Bubuk Kimia Kering)

 

 

Tabung Pemadam Powder Merupakan kombinasi dari fosfat Mono-amonium dan ammonium sulphate. Yang berfungsi mengganggu reaksi kimia yang terjadi pada zona pembakaran, sehingga api padam. Dry Chemical powder juga memiliki titik lebur yang rendah dan pada partikel yang sangat kering serta membengkak untuk membentuk penghalang yang hingga oksigen tidak dapat masuk sehingga dapat menutupi area kebakaran (api), akhirnya api tidak akan menyala dikarenakan pijakannya ditutupi oleh Dry Chemical powder.

  • Merupakan media pemadam api serbaguna, aman dan luas pemakaiannya karena dapat mematikan api kelas A, B, dan C.
  • Dapat menahan radiasi panas dengan kabut (serbuk) partikelnya.
  • Tidak menghantarkan listrik (Non Konduktif).
  • Kimia kering tidak beracun (Non Toxic).
  • Tidak berbahaya terhadap tumbuhan, hewan terutama manusia.

Tabung Pemadam Api adalah salah satu produk yang menggunakan bahan dry chemical powder, karena memiliki tingkat kelas kebakaran A, B, dan C. Alat pemadam api ini digunakan untuk kebakaran kelistrikan

Tabung Pemadam Carbon Dioxide (CO2)

 

 

Tabung Pemadam CO2 adalah Senyawa/bahan kimia yang terbentuk dari 1 atom karbon + 2 atom oksigen, yang dapat dihasilkan baik dari kegiatan alamiah maupun kegiatan manusia.

  • Dapat digunakan memadamkan kebakaran kelas B dan C karena merupakan bahan gas, CO2 tidak merusak, dengan daya guna yang efektif dan bersih.
  • Sangat efisien serta efektif digunakan dalam ruangan seperti kantor, lab dan ruangan lainnya.
  • Carbon Dioxide (CO2) dapat menyerap panas dan sekaligus mendinginkan.
  • Konstruksi tabung dirancang khusus untuk menahan tekanan tinggi dan dilengkapi dengan selang yang panjang dengan nozzle yang berbentuk corong.
  • Tidak berbahaya terhadap tumbuhan, hewan terutama manusia.

Tabung Pemadam Foam AFFF (Aqueous Film Forming Foam)

Tabung Pemadam Foam AFFF (Aqueous Film Forming Foam) adalah berbasis air dan sering mengandung surfaktan berbasis hidrokarbon seperti sulfat sodium alkyl, fluoro surfactant seperti: fluorotelomers, asam perfluorooctanoic (PFOA), asam perfluorooctanesulfonic (PFOS). Mereka memiliki kemampuan untuk menyebar di permukaan cairan berbasis hidrokarbon. Alcohol resistant aqueous film forming foams (AR AFFF) adalah busa / foam yang tahan terhadap reaksi dari alkohol, dapat membentuk lapisan/ segmen pelindung ketika dipakai atau di semprot.

  • Dapat digunakan untuk memadamkan api kelas A namun sangat cocok bila digunakan untuk kelas B.
  • Bersifat Kondukstif (Penghantar Listrik). Tidak dapat dipakai untuk memadamkan api kelas C.
  • Foam bersifat ringan, sangat efektif untuk memadamkan zat cair yang mudah terbakar dengan cara mengisolasi oksigen serta menutupi permukaan zat cair untuk menghindari api yang dapat menjalar (meluas) kembali.
  • Tidak berbahaya terhadap tumbuhan, hewan terutama manusia.

Tabung Pemadam Liquid Gas (Clean Agent)

 

 

Tabung Pemadam Liquid Gas (Clean Agent) adalah senyawa kimia yaitu hydrochlorofluorocarbon (HCFC). Merupakan senyawa dari 1,1-dichloro-1-fluoroethane dan Chemical Abstracts.

  • Merupakan pemadam api yang bersih dan tidak meninggalkan residu.
  • Sangat efektif untuk digunakan pada semua risiko kelas kebakaran A, B dan C.
  • Tidak menghantarkan listrik (Non Konduktif), sehingga tidak akan menyebabkan kerusakan pada peralatan elektronik dan alat perkantoran modern lainnya.
  • Alat Pemadam Api gas pengganti halon ini sangat bersih dan ramah lingkungan dan
  • Tidak berbahaya terhadap tumbuhan, hewan terutama manusia

 

Cara Menggunakan Tabung Pemadam Kebakaran

Tarik Segel, Cabut Pin, Tekan dan Sembur atau Pull, Aim, Squeeze and Sweep (PASS).

  1. Tarik Segel / Tanggalkan alat keselamatan dari pemadam api
  2. Pastikan alat pemadam api ditegakkan.
  3. Cabut Pin / Tanggalkan alat keselamatan yang dilengkapkan yaitu kunci valve (Pen)
  4. Arahkan muncung alat (Nozzle) ke pangkal api
  5. Pastikan anda berada pada jarak kira-kira 1 hingga 1.5 meter dari api
  6. Tekan pegangan / valve atas alat pemadam api

Apabila api sudah dipadamkan, buka semua pintu dan buka jendela agar supaya udara segar masuk. Buka semua Jendela agar udara segar dapat masuk. Gunakan cara menyapu ketika penyemburan alat pemadam api Alat Pemadam Api Ringan APAR, Tabung pemadam, Alat Pemadam Kebakaran, Fire Extinguisher dilakukan pada seluruhan bagian api. Semburkan ke arah api dengan cara menyapu (sweep).

Sistem Kerja Tabung Pemadam Dry Chemical Powder

  1. Type Cartridge Alat pemadam api jenis kimia kering yang sistem kerjanya menggunakan tabung gas CO2 / N2 dalam konstruksinya dapat diletakkan di dalam atau di luar tabung alat alat pemadam.
  2. Type stored pressure Alat pemadam api jenis kimia kering yang sistem kerjanya dibantu dengan CO2 / N2 yang dalam kontruksinya ditempatkan bersamaan dalam satu tabung alat pemadam api untuk mengetahui tekanan CO2 / N2 tersebut dapat dilihat pada manometer.
  3. Proses Kerja Alat Pemadam Jenis Kimia Kering Type Cartridge : Tekan pengatup / handle pengoperasian, gas CO2 / N2 keluar dari tabung cartridge melalui pipa keluar, gas bercampur dengan tepung kimia kering di dalam tabung sehingga gas akan mendorong tepung kimia kering melalui pipa keluar / selang dan pemancar.

Type Stored Pressure : Tekan pengatup / handle pengoperasian, gas CO2 / N2 mendorong tepung kimia kering keluar melalui pipa keluar, selang dan pemancar.

Cara Penggunaan Tabung CO2 Pertama kali angkat dari tempatnya dandibawa ketempat terjadinya kebakarankemudian lepaskan pengaman, corong dipegangpada gagang yang mempunyai penyekat agartangan tidak luka karena suhu dingin.Arahkan corong kenyala api dan tekan tangkaipenekannya. Gerakkan corong kekanan dankekiri secara menyapu sehingga gas CO2secepatnya dapat mengurangi nyala api.

Sifat-sifat Pemadaman Tabung Pemadam CO2

  1. Penyelimutan ( Smothering )
  2. Pendinginan ( Cooling )
  3. Dapat memutuskan rantai reaksi
  4. Tidak menyebabkan karat
  5. Dapat menurunkan kadar O2 sampai 12% – 15%
  6. Berat CO2 1.5 x berat udara
  7. Tidak menghantarkan arus listrik
  8. Sangat baik digunakan di dalam ruangan

Cara penggunaan APAR Busa :

  1. Turunkan / ambil alat pemadam busa dari tempatnya
  2. Bawa ke tempat kebakaran ( posisi alat tegak )
  3. Cara mengambil alat tersebut dipanggul atau dijinjing
  4. Balik apar tersebut dengan posisi miring atau tegak.
  5. Arahkan semprotan tersebut ke sasaran yang terbakar.

CATATAN: Apabila benda padat yang terbakar, arah semprotan bisa langsung ke benda yang terbakar. Apabila benda cair yang terbakar, arah semprotan pada dinding sebelah dalam tempat benda cair yang terbakar.

Sifat-sifat Tabung Pemadam Foam

  1. Penyelimutan ( smothering )
  2. Mencegah penguapan bahan bakar
  3. Pendinginan ( cooling )
  4. Melokalisir benda yang terbakar
  5. Tidak boleh untuk memadamkan kebakaran listrik

Perhatikan Faktor Penting dalam Pemadaman :

  1. Arah angin
  2. Jenis benda yang terbakar
  3. Volume benda yang terbakar
  4. Berapa lama telah terbakar
  5. Situasi, kondisi dan lingkungan
  6. Keselamatan diri :Peralatan dan perlengkapan yang digunakan seperti kain pelindung, selimut api dll.- Asap tebal akibat proses kebakaran- Kemungkinan terjadinya ledakan- Kemungkinan terjadinya radiasi

Sikap Dan Tindakan Dalam Cara Pemadaman Kebakaran

A. Harus selalu disertai resque operator (fire marshall)

  1. Tegas dan disiplin
  2. Yakin akan kemampuan diri
  3. Tenang, waspada, tanggap akan situasi
  4. Kompak dalam kerjasama (team work)
  5. Cepat bertindak dan efisien

B. Perlu latihan secara rutin

Menghitung Kebutuhan Tabung Pemadam

Sesuai peraturan dari Dinas Pemadam Kebakaran, peletakan tiap-tiap Alat Pemadam Api Ringan (APAR) disesuaikan pada luasnya area dan ruangan yang akan di antisipasi kebakaran.

  • Perkantoran dan Aula

Misal, untuk setiap luas ruang 200m² harus disediakan satu unit Tabung Pemadam Api Ringan, tipe ABC Dry Chemical Powder atau Multipurpose Dry Chemical Powder berkapasitas 5kg. Dengan jarak pertiap unit interval 20 meter. Ini berlaku untuk ruang terbuka atau ruangan tersusun

  • Ruangan Berpartisi, Ruang Kantor

untuk ruangan berpartisi seperti ruangan kantor direkomendasikan untuk menyediakan satu unit tabung Alat Pemadam Apir Ringan tipe ABC Dry Chemical Powder berkapasitas 3 kg

  • Ruang Elektrikal, Genset atau Panel Listrik

selanjutnya kita beralih ke area Mekanikal & Elektrikal. Untuk area berskala kecil, cukup menyediakan satu unit tabung Alat Pemadam Api Ringan tipe ABC Dry Chemical Powder dan satu unit tabung Alat Pemadam Api Ringan tipe Carbon Dioxide CO2

  • Industri, Area Produksi dan Gardu Listrik

Ruangan seperti ini sangat berpotensi besar untuk terjadinya kebakaran, jika dilihat dari sisi pengoperasiannya aktivitas arus listrik dan panas yang terus menerus sangat berpotensi besar untuk terjadinya kebakaran. Mengantisipasi hal tersebutmemang sudah seharusnya untuk menyediakan sarana pencegahan dini dari bahaya kebakaran, sangat direkomendasikan untuk menggunakan Alat Pemadam Api Ringan tipe ABC Dry Chemical Powder berkapasitas 9kg, satu unit Alat Pemadam Api Ringan jenis trolley tipe ABC Dry Chemical Powder 50 kg dan satu unit Alat Pemadam Api Ringan Jenis Trolley tipe Carbon Dioxide berkapasitas 9 kg.

Kirim Pesan