Sistem FM200 Fire Suppression adalah salah satu sistem proteksi kebakaran yang paling andal dan efektif, terutama di lingkungan yang mengandung peralatan elektronik sensitif. Namun, keandalan sistem ini sangat bergantung pada kualitas bahan pengisian ulang (refill) FM200 yang digunakan. Refill FM200 yang buruk dapat menurunkan efisiensi sistem, menyebabkan kerusakan pada peralatan, dan bahkan gagal memadamkan kebakaran dengan efektif. Artikel ini akan membahas secara mendalam tanda-tanda kualitas refill FM200 yang buruk, dampaknya, serta cara mengidentifikasi dan menghindari risiko ini.

Mengenal FM200 Fire Suppression

FM200 adalah nama dagang dari HFC-227ea (heptafluoropropane), bahan pemadam kebakaran berbasis gas yang digunakan dalam sistem proteksi kebakaran. FM200 bekerja dengan cara menyerap panas dan mengganggu reaksi kimia dalam api, sehingga memadamkan kebakaran dengan cepat tanpa merusak peralatan elektronik dan tanpa meninggalkan residu.

Mengapa Kualitas Refill FM200 Penting?

Efisiensi Pemadaman

Kualitas bahan kimia yang buruk dapat mengurangi efektivitas sistem dalam memadamkan api.

Keamanan Peralatan

Bahan kimia berkualitas rendah dapat merusak peralatan elektronik dan infrastruktur bangunan.

Keandalan Sistem

Sistem proteksi kebakaran harus dapat diandalkan setiap saat, dan refill yang buruk dapat mengganggu fungsinya.

Kepatuhan Standar

Menggunakan bahan refill yang tidak memenuhi standar dapat melanggar peraturan keselamatan dan standar industri

Tanda-Tanda Kualitas Refill FM200 yang Buruk

1. Perubahan Warna dan Bau

FM200 yang berkualitas tinggi biasanya tidak berwarna dan tidak berbau. Jika Anda melihat perubahan warna atau mencium bau yang tidak biasa dari tangki FM200, ini bisa menjadi indikasi bahwa bahan tersebut tercemar atau tidak murni.

2. Pengendapan atau Partikel

Refill FM200 yang buruk dapat mengandung partikel atau pengendapan yang terlihat di dalam tangki. Partikel ini bisa menyumbat nozel pelepasan dan mengurangi efisiensi pemadaman.

3. Tekanan Tangki Tidak Stabil

Tekanan tangki yang tidak stabil atau fluktuasi yang tidak biasa bisa menunjukkan bahwa kualitas refill tidak memenuhi standar. Tekanan yang tidak konsisten dapat mempengaruhi performa sistem dalam situasi darurat.

4. Kinerja Pemadaman yang Menurun

Jika sistem FM200 membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya untuk memadamkan api atau tidak berhasil memadamkan api sepenuhnya, ini adalah tanda yang jelas bahwa kualitas refill mungkin bermasalah.

5. Sertifikasi Tidak Valid atau Tidak Ada

Sertifikasi adalah indikator penting dari kualitas refill FM200. Bahan kimia yang tidak memiliki sertifikasi dari badan standar yang diakui, seperti NFPA, mungkin tidak memenuhi kualitas yang diperlukan untuk kinerja yang optimal.

6. Korosi atau Kerusakan Tangki

Korosi atau kerusakan pada tangki penyimpanan bisa menjadi tanda bahwa bahan kimia dalam tangki tidak murni atau telah bereaksi dengan bahan tangki. Ini tidak hanya mengindikasikan kualitas refill yang buruk tetapi juga bisa menimbulkan risiko keselamatan.

7. Peralatan Tidak Berfungsi dengan Baik

Jika setelah pengisian ulang, sistem deteksi atau pelepasan tidak berfungsi dengan baik, ini bisa menjadi tanda bahwa kualitas refill FM200 yang digunakan tidak memenuhi standar.

Dampak Penggunaan Refill FM200 yang Buruk

Kerugian Finansial

Menggunakan refill FM200 yang berkualitas buruk dapat menyebabkan kerusakan pada sistem proteksi kebakaran dan peralatan elektronik, yang pada gilirannya dapat menyebabkan biaya perbaikan dan penggantian yang tinggi.

Risiko Keselamatan

Refill yang tidak berkualitas dapat mengurangi efektivitas sistem dalam memadamkan kebakaran, meningkatkan risiko kebakaran menyebar dan membahayakan nyawa serta properti.

Ketidakpatuhan

Menggunakan bahan kimia yang tidak bersertifikat atau tidak memenuhi standar industri dapat mengakibatkan ketidakpatuhan terhadap peraturan keselamatan dan standar proteksi kebakaran, yang bisa berujung pada sanksi hukum.

Downtime Operasional

Jika sistem proteksi kebakaran gagal berfungsi saat dibutuhkan, hal ini dapat menyebabkan downtime operasional yang signifikan, terutama di fasilitas kritis seperti pusat data atau ruang server.

Sertifikasi Utama untuk FM200

1. NFPA (National Fire Protection Association)

NFPA adalah salah satu badan standar terkemuka yang menetapkan pedoman dan standar untuk proteksi kebakaran, termasuk penggunaan FM200. Standar NFPA 2001 mengatur tentang sistem pemadam kebakaran berbasis gas bersih, termasuk desain, instalasi, pengoperasian, dan pemeliharaan sistem FM200.

2. UL (Underwriters Laboratories)

UL menyediakan sertifikasi untuk berbagai produk dan sistem proteksi kebakaran, termasuk komponen dan bahan kimia FM200. Sertifikasi UL memastikan bahwa produk telah diuji dan memenuhi standar keselamatan yang ketat.

3. FM Global

FM Global adalah perusahaan asuransi dan organisasi riset yang mengeluarkan sertifikasi untuk sistem proteksi kebakaran. Sertifikasi FM Global memastikan bahwa sistem FM200 memenuhi standar keamanan dan kinerja yang tinggi.

Pilih PT Global Mitra Proteksindo untuk Refill FM200

Proses Refill Berstandar

Proses refill kami dilakukan dengan menggunakan prosedur yang terstandar dan teruji untuk memastikan setiap tahap dilakukan dengan akurat dan aman.

Bahan Berkualitas

Kami hanya menggunakan bahan FM200 berkualitas tinggi yang sesuai dengan standar internasional untuk memastikan kinerja optimal sistem Anda.

Layanan Profesional

Tim teknisi kami dilatih untuk menangani setiap aspek dari refill FM200 dengan profesionalisme tinggi. Mereka tidak hanya memastikan pengisian ulang yang tepat, tetapi juga memberikan saran teknis untuk pemeliharaan sistem yang lebih baik.

Memilih layanan refill FM200 yang berkualitas adalah investasi penting untuk keselamatan dan perlindungan lingkungan kerja Anda. Dengan PT Global Mitra Proteksindo, Anda bisa yakin bahwa sistem FM200 Anda selalu dalam kondisi optimal dan siap menghadapi ancaman kebakaran dengan efektif. Hubungi kami hari ini untuk konsultasi lebih lanjut dan pastikan perlindungan maksimal bagi aset dan orang-orang yang berharga bagi Anda.

 

Hubungi Kami

Jika Anda membutuhkan jasa Instalasi FM200 fire Suppression System, jangan ragu untuk menghubungi PT Global Mitra Proteksindo. Kami siap memberikan layanan terbaik untuk memastikan sistem pemadam kebakaran Anda selalu dalam kondisi optimal.

PT Global Mitra Proteksindo
Alamat: Komp. Perkantoran Mutiara Taman Palem Blok. A15, No. 27-28 Cengkareng, Jakarta Barat 11730

Telepon:0819-0554-2211
Email: sales@gmpro.id
Website: alatpemadamapi.co.id

Tim kami siap membantu Anda memilih Alat Pemadam Kebakaran yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda atau lembaga Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami untuk konsultasi lebih lanjut!

 

Scroll to Top